RAPAT KERJA BIRO PK TAHUN 2019
RAPAT KERJA BIRO PK TAHUN 2019
  IPB Convention Center Bogor, 24 – 26 Januari 2019,Admin. Membuka kegiatan 2019, Biro Perencanaan dan Keuangan melaksanakan rapat kerja, kegiatan yang bertemakan “Akselerasi Pengintegrasian Sistem Perencanaan, Pengelolaan, dan Pelaporan Keuangan Menuju Modernisasi Layanan yang Andal dan Berkompeten”  bertujuan untuk mengevaluasi kegiatan Biro PK pada tahun 2018 untuk pencapaian yang lebih optimal lagi di tahun 2019. Rapat ini dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum UIN Syarif HIdayatullah Jakarta, Kepala Biro PK, Kepala Bagian Perencanaan, Kepala Bagian Keuangan, Kepala Bagian Akuntasi dan Pelaporan, Para Kepala Sub Bagian, dan Staf Biro PK dengan jumlah peserta sebanyak 46 orang. Pada kesempatan ini, Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan (Biro PK) mengapresiasi kinerja Biro PK selama tahun 2018 yang meskipun menghadapi beberapa kendala terkait dengan pelaporan keuangan tetapi dapat terselesaikan dengan baik. Kemudian rencana ke depan, seluruh jajaran Biro PK berkomitmen akan melakukan beberapa perbaikan dalam aspek perencanaan dan keuangan diantaranya adalah peningkatan efektifitas perencanaan, peningkatan kualitas layanan keuangan, dan peningkatan mutu pelaporan keuangan. Dalam upaya meningkatkan efektifitas perencanaan, Biro PK berupaya untuk membuat Rencana Kerja Anggaran yang berdasarkan program dan berbasis kinerja dengan mengacu kepada kesesuaian antara IKU dan Renstra UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang diturunkan ke dalam IKU dan Renstra Fakultas dan Unit kerja sehingga dapat mendukung Akreditasi UIN Syarif HIdayatullah Jakarta. Dalam upaya tersebut, maka Biro PK membuat Jadwal Pelaksanaan Anggaran dengan target penyelesaian seluruh kegiatan di Bulan November 2019 dan target serapan sebesar 93% yang akan disampaikan saat Rapat Kerja Pimpinan (Rakerpim). Terkait peningkatan layanan keuangan dan pelaksanaan anggaran, Biro PK berencana mengoptimalkan layanan kepada mahasiswa sebagai stakeholder utama dengan mengusulkan perbaikan ruang pelayanan dan penambahan fasilitas seperti komputer di depan loket mahasiswa. Selain meningkatkan sarana dan prasarana, Biro PK akan melakukan pengembangan sistem informasi perencanaan seperti aplikasi spj online dan peningkatan kompetensi SDM dengan mengikutsertakan dalam diklat-diklat untuk pengelola keuangan dan analisa beban kerja sesuai dengan kebutuhan. Sebagai bentuk akuntabilitas kinerja, Biro PK akan berusaha dengan sebaik-baiknya menyusun laporan keuangan sehingga mendapat opini WTP dari auditor eksternal. Pengelolaan asset, BMN, dan persediaan akan lebih ditingkatkan dengan kerjasama yang baik antara bagian-bagian pengelola BMN. Selain itu kecepatan dan keakuratan laporan keuangan akan dioptimalkan dengan pengembangan aplikasi laporan keuangan dan BMN yang menjadi program kerja Biro PK di tahun 2019. Dokumentasi Kegitan : https://drive.google.com/drive/u/1/folders/1hYqGgeQyn1ZSeBtWSj2AXrVS5cAuKljd